Sunday 29 December 2013

  1. Peta kelenjar getah bening (KGB) leher

    Gb1. Kelenjer getah bening di leher
    Peta adalah suatu gambar yang digunakan untuk menunjukkan tempat, gunung, sungai  dlsb di muka bumi. Untuk peta detail atau topografi diperlukan juga landmark atau tanda khusus untuk suatu tempat yang spesifik misalnya Monas bagi Jakarta.
    Kelenjar getah bening (KGB) leher juga dipetakan.
    Sebagai muara dari pembuluh getah bening, KGB memberikan petunjuk atas keadaan hulu yaitu alat tubuh. Hak ini terjadi karena KGB adalah garis pertahanan regional terhadap semua keadaan yang mengganggu alat tubuh di hulu. Gangguan itu dapat disebabkan oleh infeksi, benda asing, alergi ataupun kanker. Kegagalan pertahanan akan membuat mereka membesar karena aktivitas yang bertambah. Karena itu lokasi pembesaran KGB  akan menunjukkan alat tubuh yang bermasalah. Gambar 1 memperlihatkan betapa sibuknya aliran pembuluh limfe leher sebagaimana banyaknya KGB . KGB leher  berjumlah +/- tigaratus yang merupakan setengah dari keselurihan KGB tubuh.
    Gambar 2, memperlihatkan peta kelenjar getah bening leher yang terbagi atas dua sisi
    Gb 2. Leher kanan dan kiri
    yaitu kanan dan kiri. Landmarknya adalah garis lurus antara dagu (1), tulang hyoid (2)  dan takik jugularis atau jugular notches (3)
    Selanjutnya bagian kanan atau kiri dibagi oleh otot leher menjadi segitiga depan (a) dan belakang (b), gambar 3. Landmark otot leher ini disebut otot sternocleidomastoideus yang jelas teraba bila kepala ditolehkan kesisi.  KGB di depan adalah muara dari pembuluh limfe daerah tenggorokan sedangkan bagian belakang saluran pernapasan atas.
    Berbagai otot membagi segitiga depan / belakang menjadi beberapa segitiga. Di depan mereka adalah (gambar 4) a1, segitiga suprahioid, yang terletak diatas tulang hyoid; a2, submaksila yang juga dikenal sebagai submandibula, dibawah rahang bawah; a3, karotis superior, diatas otot omohioid; dan a4. karotis inferior, dibawah otot omohioid.
    Dibelakang mereka adalah: b1, segitiga oksipital, diatas otot omohioid; dan b2,
    Gb 4. Segitiga lainnya
    Gb 3. Segitiga depan dan belakang
    subklavia yang dikenal juga sebagai supraklavikula, dibawah otot omohioid dan diatas tulang klavikula.
    Memberikan informasi letak KGB leher dalam pertanyaan akan mempermudah pemberian jawaban.

No comments:

Post a Comment